Selasa, 02 Februari 2016

Ide Kreatif: Inspirasi Hiasan Rumah Sederhana nan Elegan

Tidak pasti, itulah kata yang seringkali diucapkan oleh sebagian kita dalam melakukan hal apapun. Ketika kita membuat janji, kata tersebut juga muncul karena berbagai faktor semisal macet, 

kecelakaan, bencana alam (banjir) dan sebagainya. Begitu pula dengan perhitungan budget ketika anda pergi membeli sebuah barang yang belum pernah anda beli sebelumnya, perubahan harga dapat terjadi kapanpun sehingga ‘tidak pasti’ atau ‘kira-kira’ adalah kata favorit kita setiap waktu.

Tidak pasti atau kira-kira juga selalu digunakan oleh para pengrajin atau pelaku usaha bisnis kreatif. Misalnya seperti seorang pengrajin meuble atau kerajinan tangan lainnya, mereka selalu menggunakan kata ‘kira-kira’ dalam pembuatan produknya. Alasannya sederhana, mereka ingin mengantisipasi seadainya ada kesalahan dalam proses pembuatan produk mereka atau mungkin ada perubahan ukuran ketika bahan baku diproses.

Baru-baru ini, saya pun mengalami masalah ‘kira-kira’ dari jasa yang saya gunakan/sewa. Ketika sofa yang saya miliki rusak, saya meminta pak Udin (nama disamarkan) untuk membongkar sofa tersebut dan mengganti covernya dengan yang baru.

Ketika ditanyakan kepada pak Udin mengenai berapa banyak kain yang dibutuhkan, dia hanya bisa menjawab “perkiraan butuh kain 20 meteran”.

Yang ada di kepala saya ketika mendengar hal tersebut yaitu:

Kalau seandainya kurang bagaimana? Kan tidak lucu kalau sofa saya terlihat jahitannya, atau saya harus pergi lagi mencari kain serupa. Syukur kalau kain tersebut masih ada, kalau kain tersebut habis bagaiamana?

Kekurangan bahan adalah masalah utamanya, tapi apabila yang terjadi adalah kelebihan bahan, ada rasa aman disana.

Rasa aman memang tidak berlaku untuk semua aspek, tapi paling tidak untuk masalah saya ini, saya lebih memilih untuk membeli bahan baku kain lebih dari yang penyedia jasa tersebut minta.

Saat itu saya tidak memikirkan apapun mengenai persoalan kelebihan bahan, yang penting sofa yang saya punya tidak terlihat norak. Yang terjadi sekarang adalah saya memiliki beberapa meter kain berlebih yang saya timbun di dalam rumah.

Mungkin beberapa dari anda memiliki masalah serupa seperti yang saya alami, kain ditimbun berbulan-bulan dan mungkin juga bertahun-tahun. Tidak ada nilai tambah dari timbunan itu, malah yang ada adalah kerugian (saya anggap barang tersebut adalah stok mati).

Setelah beberapa hari yang lalu saya mengunjungi sebuah mall di luar negri, saya terinspirasi akan dekorasi yang mereka gunakan di lorong-lorong mall tersebut. Hiasan sederhana, murah namun elegan dan sangat mudah untuk dibuat.

Hiasan Dinding Sederhana Dari Sisa Kain Sofa
Ya betul sekali! Hiasan tersebut terbuat dari kain sofa bekas. Pertama-tama mereka membuat sebuah rangka dari kayu dan triplek, disusun sesuai dengan kreatifitas anda dan juga ketersediaan bahan dan alat.

Setelah rangka tersebut selesai, langkah berikutnya adalah memotong kain sofa sesuai dengan ukuran rangka tersebut dan direkatkan menggunakan lem kayu dan beberapa buah paku kecil sebagai jaminan bila kain tersebut kuat terpasang.

Dan voila! Sebuah hiasan sederhana yang membuat rumah anda terlihat lebih menarik dan juga menjawab persoalan saya (dan mungkin juga anda).


Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar