Selasa, 29 Desember 2015

Tips Membangun Rumah Idaman



Bila di artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai seberapa penting keberadaan sebuah ruang keluarga di rumah anda, di artikel kali ini saya akan mencoba untuk membahas beberapa poin penting yang bisa jadi merubah mood anda ketika berada di dalam rumah.

Rumah idaman tentu memiliki beragam bentuk dan variasi tergantung dari selera masing-masing orang yang memikirkannya. Karena sifatnya yang subjektif, terkadang pikiran tentang rumah idaman ini dapat berubah-rubah seiring berkembangnya waktu.

Karena hal itulah banyak orang yang mengatakan bila rumah idaman sangat sulit untuk diraih atau bahkan diwujudkan. Pertanyaannya sekarang, apakah pandangan atau asumsi tersebut itu benar?

Bila seandainya sebuah target jelas terlihat didepan mata, akan sangat mudah bagi kita untuk menentukan kapan harus bergerak, seberapa kuat kita harus berusaha dan lainnya. Namun berbeda hasilnya bila target tersebut berupa variable yang terus menerus berubah, tidak peduli seberapa kuat kita berusaha hasilnya tetap sama, nihil.

Hal tersebut sama halnya dengan tujuan utama sebagian besar orang yaitu memiliki rumah idaman. Walaupun harus diakui bila selera orang berbeda-beda, namun ada satu standar yang dapat diterima oleh semua orang tentang rumah idaman tersebut.

Coba anda tanyakan kepada orang-orang yang sudah pernah menginap di hotel berbintang, baik di dalam negri atau di luar negri. Sudah dapat dipastikan bila sebagian besar dari mereka akan mengatakan ingin memiliki rumah dengan konsep seperti hotel tersebut.

Rata-rata hotel akan mengadopsi tema minimalis untuk kamar yang mereka miliki. Hal tersebut tidak lain guna membuat para pengunjung hotel tersebut merasakan rasa aman, tenang dan bebas.

Konsep rumah minimalis dengan gaya apapun bisa jadi salah satu solusi bagi anda yang hingga saat ini belum menemukan standar rumah idaman. Dengan konsep yang seperti itu, bisa jadi mimpi anda untuk memiliki rumah idaman akan semakin dekat dan mudah dicapai.

Berbicara tentang rumah minimalis, semuanya itu tidak terlepas dari warna. Warna natural dan gelap cenderung mendominasi konsep design rumah jenis ini. Dengan paduan warna yang pintar dan tepat, rumah yang anda miliki bisa terlepas dari kesan gelap, suram dan sebagainya.

Sirkulasi Udara

Poin ini adalah poin utama dan terpenting yang harus anda pikirkan sebelum merambah ke bagian lain dari keseluruhan rumah. Sirkulasi udara yang baik akan memberikan beberapa dampak positif bagi anda bak efek domino.

Asupan udara yang baik selain memberikan anda nafas yang lega juga memberikan kesegaran bagi otak anda untuk berkreasi dan berfikir. Dengan ini, pekerjaan yang anda miliki akan lebih mudah dikerjakan dan diselesaikan.

Sirkulasi udara yang baik cenderung membutuhkan ruangan yang besar dan tinggi. Hal ini secara tidak langsung akan membuat rumah anda terlihat lebih luas dan lega, selain itu akan menghilangkan kesan 'dug-deg' atau penuh.

Sirkulasi udara pun cenderung membutuhkan jendela atau apapun guna meloloskan udara keluar dan masuk ke dalam rumah. Hal ini tentu secara tidak langsung akan membiarkan cahaya matahari leluasa menjelajahi rumah anda dan membuat rumah anda terlihat lebih terang tanpa bantuan lampu dan alat penerangan lainnya.

Warna Dinding

Hal ini adalah poin kedua yang terpenting untuk anda urus.

Rumah minimalis pada dasarnya membebaskan anda untuk berekspresi dan bereksperimen dalam menghias rumah. Anda bisa menggunakan cat tembok biasa atau bahkan menggunakan wallpaper guna menghiasnya.

Earth Tone Colors merupakan warna pilihan favorit bagi kebanyakan orang, contoh dari warna ini adalah coklat, hijau daun, coklat tanah, abu-abu pasir/batu, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan warna natural seperti ini, akan semakin mudah bagi anda untuk memasukan berbagai perabot, furniture dan sebagainya.

Warna Earth Tone selain mendukung konsep rumah minimalis yang anda miliki juga akan memberikan efek psikologis rileks kepada diri anda dan para tamu yang datang berkunjung.

Warna & Ukuran Lantai

Ketika seseorang masuk ke dalam sebuah ruangan, hal pertama yang akan dilihatnya adalah dinding beserta perabotan yang anda letakan lalu kemudian adalah lantai dari ruangan tersebut.

Ukuran lantai cenderung merubah mood dan pikiran seseorang mengenai seberapa serius anda mengelola rumah. Ada baiknya bila anda menggunakan tehel/keramik dengan ukuran besar seperti 40 x 40 cm atau 60 x 60 cm.

Dengan menggunakan keramik berukuran besar, secara tidak langsung anda akan membangun kesan rumah yang luas dan juga bagus. Adapun warna yang dianjurkan adalah putih dan juga warna krem.

Furniture

Tidak dapat dipungkiri bila benda yang satu ini adalah suatu kewajiban untuk dimiliki dan ditempatkan di dalam rumah.

Mulai dari kursi di ruang tamu, ruang keluarga, kamar dan lainnya. Pemilihan perabot yang satu ini memang bisa dikatakan mudah namun sulit.

Ada banyak pilihan diluar sana seperti membelinya secara utuh dari pusat perbelanjaan maupun membuatnya dari nol atau membuatnya sendiri. Namun perlu diketahui bila pilihan yang disediakan sangatlah terbatas, baik dari segi bahan, ukuran dan lainnya.

Dengan memiliki rumah dengan tipe minimalis, ada baiknya bila anda menggunakan furniture seperti sofa dan lain sebagainya dengan konsep linen atau linen look.

Linen sendiri adalah bahan alami/serat yang biasa digunakan pada kain sofa. Dengan bahan natural seperti ini, kesan rumah minimalis yang anda miliki akan semakin kuat.

Cukup mudah bukan untuk membuat sebuah rumah idaman dengan tema minimalis? Bukan tidak mungkin setelah anda membuat rumah seperti itu, akan ada banyak teman atau tamu yang datang berkunjung akan iri dan betah berlama-lama tinggal dirumah anda.

Di artikel berikutnya, saya akan membahas lebih lanjut mengenai Linen. Serat alami yang kini sedang populer digunakan oleh orang-orang di Eropa dan Australia.